Skip to main content

Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris Dengan TOEIC Dari Direktorat SMK Telah Memasuki Tahap Pelaksanaan Ujian TOEIC

Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris Dengan TOEIC Dari Direktorat SMK Telah Memasuki Tahap Pelaksanaan Ujian TOEIC

Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

SMKN 2 Kebumen telah mengikutsertakan sebanyak (1051) siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 498 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

SMKN 2 Kebumen melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi sejumlah 498 siswa. Pelaksanaan di laboratorium komputer sekolah dengan tetap menjaga protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan COVID-19, maka setiap laboratorium komputer diisi  maksimal 50% dari kapasitas. Pelaksanaan sertifikasi TOEIC dilaksanakan 2 gelombang. Gelombang ke-1 dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Oktober 2020 dijadwalkan untuk 43 siswa dibagi dalam 3 laboratorium komputer dalam 1 sesi  mulai pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB. Gelombang ke-2 dilaksanakan pada hari Senin s.d. Rabu, 19 s.d. 21 Oktober 2020 dijadwalkan untuk 455 siswa dan 45 guru dibagi dalam 6 laboratorium komputer dalam 2 sesi untuk hari Senin dan Selasa, sedangkan hari Rabu cukup 1 sesi. Sesi 1 dimulai pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB dan Sesi 2 dimulai pukul 13.00 s.d. 16.00 WIB. Alhamdulillah kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan disampaikan terima kasih kepada Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) dan International Test Center (ITC) yang telah memberikan kesempatan, bantuan dan bimbingan sertifikasi TOEIC kepada sekolah kami, harapannya program ini menjadi program yang terus berkelanjutan dan terus ditingkatkan kuota penerima bantuannya. Sertifikasi TOEIC sangat dibutuhkan oleh lulusan SMK pada saat bersaing mencari pekerjaan di lingkungan internasional/ perusahaan asing (persaingan global). Terima kasih kami sampaikan juga kepada Bapak/ ibu guru dan peserta didik yang telah mengikuti dengan antusias, meskipun dalam musim hujan dan darurat COVID-19. Tak lupa disampaikan juga terima kasih kepada seluruh Panitia/ Tim TOEIC/ Guru Bahasa Inggris yang telah bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas untuk menyiapkan sarana, prasarana, pembelajaran TOEIC, dan administrasi selama kegiatan sehingga dapat berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan tahun depan dapat diikuti oleh lebih banyak peserta didik dan guru.