Skip to main content

GIAT UKBI ADAPTIF MERDEKA DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN

SMK N 2 KEBUMEN – Sebanyak 30 (tiga puluh) siswa SMK N 2 Kebumen mengikuti Giat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesi (UKBI). Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa selaku penyelenggara, bahwa Giat UKBI Siswa SMK N 2 Kebumen dilaksanakan pada Senin, 13 Desember 2021 pukul 08.00 s.d 10.00 WIB. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut antara lain untuk menyetarakan bahasa Indonesia agar sejajar dengan bahasa-bahasa besar di dunia serta memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.

Giat UKBI Adaptif merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga kemahiran yang tertinggi. UKBI Adaptif dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang pelaksanaan ujinya dilakukan secara daring.

Adapun teknis ujinya yaitu setiap peserta akan mendapatkan sejumlah soal dan waktu uji yang berbeda sesuai dengan estimasi kemampuannya. Misalnya, saat peserta mengikuti Seksi I Mendengarkan, pada tahap awal peserta uji akan mengikuti satu teslet uji yang berisi lima butir soal. Jawaban peserta atas lima butir soal tersebut akan menentukan jenis teslet uji selanjutnya yang akan diterima peserta uji, apakah dilanjutkan dengan karakteristik soal yang lebih mudah, setara, atau lebih sulit. Pada saat peserta uji berada dalam jenjang teslet yang setara secara berturut-turut selama dua kali, tes berhenti untuk peserta uji yang bersangkutan. Jumlah maksimal teslet uji yang dikerjakan peserta adalah 9 pada Seksi Mendengarkan dengan waktu maksimal sejumlah 30 menit. Setelah menyelesaikan tahapannya peserta mendapatkan sertifikat digital yang secara otomatis pula akan dikirim melalui pos-el atau melalui akun peserta dalam aplikasi. Sertifikat ditandatangani oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Semua siswa yang mengikuti Giat UKBI Merdeka ini tampak sangat antusias dan bersungguh-sungguh sejak persiapan sampai pelaksanaan uji. Persiapan dilakukan dengan mengajak siswa mengenal UKBI yang disampaikan oleh Bapak Sudarno, S.Pd.Ina pada Sabtu, 11 Desember 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan mandiri yang diikuti siswa melalui laman https://laporandataukbi.kemdikbud.go.id/seripelatihan/.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan kesungguhan tersebut membuahkan hasil yang membanggakan. Beberapa siswa mendapatkan nilai dan peringkat kemahiran berbahasa Indonesia di atas standar kemahiran siswa SMA, yakni “Madya”. Puspa Amalia, salah satu peserta giat UKBI, mendapatkan peringkat “Sangat Unggul” dengan mendapatkan nilai akhir 664 dari tiga seksi uji yang diikutinya, yaitu seksi I (mendengarkan), seksi 2 (merespons kaidah), dan seksi III (membaca). Selain itu, ada 5 siswa yaitu Agus Darmayanti, Argha Hendriandika, Latif Rosidi, M. Alfan Nurohman, dan Tri Utami mendapatkan peringkat “Unggul”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konstributor: PND