Skip to main content

Kolaborasi Orang Tua Peserta Didik dalam PKL

SMK Negeri 2 Kebumen akan melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) periode satu. Peserta PKL sebelum berangkat ke tempat masing-masing diwajibkan berkoordinasi dengan guru pembimbing yang telah ditunjuk oleh sekolah. Khusus peserta PKL yang melaksanakan PKL diluar daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta langsung dibimbing oleh tim pokja PKL SMK Negeri 2 Kebumen. Selain itu, sekolah juga mengundang orang tua atau wali kelas datang ke sekolah.

PKL periode satu ini ada dua indutri yang dari luar Jawa Tengah dan Yogyakarta yaitu di Arindo Anugrah Tehnik Tangerang dan CV Akar Jaya Perkasa Jakarta. Orang tua atau wali peserta PKL diharuskan datang ke sekolah sebelum berangkat ke tempat PKL. Hal ini bertujuan untuk memastikan izin PKL diluar wilayah dari orang tua, pembahasan teknis PKL, pembiayaan pribadi peserta PKL menjadi tanggung jawab orang tua/wali murid, pengawasan dan monitoring pelaksanaan PKL secara bersama-sama antara sekolah dan orang tua. Hal ini sebagai bentuk kolaborasi orang tua dan sekolah dalam pelaksanaan PKL. Sehingga permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan PKL menjadi tanggung jawab bersama.

Hari ini orang tua dari peserta PKL diluar wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta telah datang ke sekolah. Beberapa orang tua menanyakan tentang PKL ke Wakil Kepala Sekolah Hubungan Industri. “Pak, besuk apakah anak saya kos disana?” tanya salah satu orang tua. “ini kebetulan tempat yang akan digunakan PKL telah menyediakan mess/asrama” jawab Bapak Subagiyo Budi Wahono, S.Pd., M.Pd. Hasil pertemuan itu adanya kesepakatan yang tertuang dalam surat pernyataan orang tua.
Setelah berakhirnya pertemuan orang tua dengan pihak sekolah, peserta PKL pun diberi arahan oleh Wakil Kepala Sekolah Hubungan Industri. Isi dari arahan tersebut adalah peserta didik harus menjaga nama baik almamater, disiplin bekerja, ramah dan sopan satun serta yang paling penting jangan tinggalkan doa dan ibadah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konstributor: eNHa