Skip to main content

Asesmen Pemantapan Karir-Specific Talent Analysis (STA) SMK NEGERI 2 KEBUMEN dengan Eduprime

SMK N 2 KEBUMEN – The Power of Vokasi merupakan kekuatan yang dimiliki oleh lulusan Sekolah Vokasi, yakni meliputi bekerja, melanjutkan studi atau wirausaha. Ketiga aspek tersebut dikenal dengan BMW. Artinya, lulusan Sekolah Vokasi bisa langsung bekerja, melanjutkan studi, atau berwirausaha. Sesuai dengan hal tersebut, SMK Negeri 2 Kebumen bekerja sama dengan Eduprime memberikan kesempatan kepada siswa kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 647 siswa untuk mengikuti Asesmen Pemantapan Karir-Specific Talent Analysis (STA).

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 4 November 2021 dalam dua sesi dengan menerapkan protokol kesehatan. Siswa melaksanakan kegiatan secara online mandiri dengan didampingi oleh wali kelas masing-masing.

Asesmen Pemantapan Karir-Specific Talent Analysis (STA) untuk siswa SMK menggunakan Tes Academic General Check Up (AGCU) adalah mengukur dan pemetaan potensi keberbakatan, potensi kepribadian dan potensi psikologi individu berdasarkan variabel yang ditetapkan dalam rumusan asesmen STA. Aspek-aspek yang diukur tersebut meliputi cara kerja otak, brain literalization, profil kepribadian, multiple intelligences, personality factor, thinking and learning style, personality skill, dan pressure and instability.

Hasil dari Asesmen Pemantapan Karir-Specific Talent Analysis (STA) langsung dapat diketahui siswa setelah pelaksanaan. Siswa dapat melihat hasil pengukuran dan pemetaan diri yang dilihat dari delapan aspek, untuk digunakan sebagai pertimbangan merencanakan langkah keberhasilan masa depan. Sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini untuk membangun dan mendorong semua pihak terkait, seperti guru dan orang tua untuk membantu mengarahkan siswa mencapai masa depan yang gemilang.

Kegiatan Asesmen Pemantapan Karir-Specific Talent Analysis (STA) digunakan sekolah untuk pemetaan siswa sesuai dengan the power of vokasi yaitu berapa banyak siswa yang professional (bekerja), berwirausaha, dan lanjut studi. Hasil dari Asesmen Pemantapan Karir-Specific Talent Analysis (STA) SMK N 2 Kebumen, kelas X sebanyak 647 siswa adalah 475 siswa cenderung memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi, 302 siswa cenderung memiliki kemampuan berwirausaha, dan 264 siswa cenderung memiliki kemampuan sebagai tenaga professional dalam bekerja. Dalam hal ini, ada beberapa siswa yang memiliki lebih dari satu kecenderungan karir di masa depan.