Skip to main content

PEMERIKSAAN KADAR HB BAGI SISWI KELAS X SMK NEGERI 2 KEBUMEN

Joksang,

KEBUMEN, SMK Negeri 2 Kebumen. Pemeriksaan kadar Hb (hemoglobin) dilaksanakan pada Selasa, 10 Januari 2023 pukul 08.00 sampai selesai. Kegiatan ini diselenggarakan di aula atas SMK Negeri 2 Kebumen. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kerja sama dengan Puskesmas Kebumen I. Pemeriksaan Hb bagi siswi kelas X sebagai upaya untuk mengetahui status anemia pada remaja putri. Pihak Puskesmas Kebumen I juga menyampaikan efek jangka panjang dari pengecekan kadar Hb ini. Efek tersebut adalah dalam rangka pencegahan stunting yang saat ini menjadi salah satu program dinas kesehatan Kabupaten Kebumen.

            Kegiatan ini melibatkan siswi kelas X SMK Negeri 2 Kebumen dengan jumlah 203 siswi dari seluruh kompetensi keahlian. Hasil pemeriksaan didapatkan sebanyak 17,7% remaja putri mengalami anemia dan dirujuk ke puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dilansir dari laman WHO, anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Hemoglobin diperlukan untuk membawa oksigen dan jika sel darah merah terlalu sedikit atau abnormal, maka akan terjadi penurunan kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan gejala seperti kelelahan, kelemahan, pusing, sesak napas, pucat, dan lain sebagainya.

Selain itu, anemia pada remaja putri juga bisa berdampak dalam penurunan prestasi di sekolah dan berisiko mengalami anemia saat kehamilan, sehingga menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin yang tidak optimal serta dapat menyebabkan komplikasi dalam persalinan seperti pendarahan, melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) atau bahkan terjadi kematian pada ibu dan anak.

            Anemia memang kerap kali diderita oleh remaja putri yang termasuk ke dalam Wanita Usia Subur (WUS). WUS adalah wanita yang memiliki usia dari rentang 15-49 tahun. Hal ini disebabkan karena adanya siklus menstruasi yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Tidak hanya itu, penyebab lain juga bersumber dari tidak terpenuhinya asupan zat besi dalam tubuh yang dapat diperoleh melalui protein hewani seperti daging, ikan, atau hati ayam.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PMR Wira SMK Negeri 2 Kebumen yaitu dengan membagikan Tablet Tambah Darah (TTD). Hal ini dilakukan guna mencegah anemia yang rentan dialami oleh remaja putri. Dosis yang diberikan adalah satu tablet setiap minggu selama sepanjang tahun.

Maju dan terus berprestasi SMK Negeri 2 Kebumen

#PMR_Wira_Stemda

#Inter_Arma_Caritas

#Siamo